Pinjaman Online Syariah Resmi OJK

32/5 (1)

Pinjaman Online Syariah Resmi OJK

Pinjaman Online Syariah Resmi OJKPinjaman online Syariah resmi OJK sama artinya, dengan anda berhutang tanpa menggunakan riba. Masih tetap dengan konsep peer to peer landing atau akrab kita sebut dengan P2P. Hanya saja pinjol Syariah lebih dari sekedar, proses meminjam atau memberikan pinjaman dana segar. Karena kedua belah pihak sudah pasti, memperoleh benefit dari proses bagi hasil. Artinya pengembalian dana bukan ditambahkan dengan besaran bunga, seperti cara kerja Financial Technolgy pada umumnya.

Fakta dari Pinjaman Online Syariah Resmi OJK

Semakin majunya teknologi, anda yang berminat mengajukan pinjaman online Syariah resmi OJK. Mudah saja mendapatkannya melalui android store ataupun iOS store. Servis pinjaman online seperti itu, memberikan kemudahan akses bagi calon debitur. Tanpa ada batasan waktu ataupun tempat, karena memanfaatkan ponsel sebagai media.

Masyarakat perkotaan di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, Palembang dan masih banyak lagi. Mengakui jika pinjol Syariah OJK sangat bisa mereka andalkan sebagai solusi mendapatkan dana instan. Agar tidak terjadi salah persepsi atau kekeliruan dalam penggunaanya. Maka pastikan membaca artikel ini hingga selesai.

Karena semua yang anda butuhkan seputar pinjaman online Syariah resmi OJK, sudah pasti akan terbahas secara lengkap disini. Kemudahan landing money idealnya harus mendapatkan payung hukum bagi semua pihak yang terkait. Tujuannya tidak lain adalah supaya dimasa depan, kreditur atau sang debitur merasa aman dari berbagai kemungkinan resiko terburuk.

Oleh sebab itu, sekalipun konsep pinjol Syariah adalah bagi hasil. Tetap saja masih ada perjanjian yang perlu calon peminjam nantinya setujui. Umumnya perjanjian pinjaman online, berdasarkan KUHPerdata dengan Pasal 1320. Dimana isinya bukan bersifat paksaan atau hal yang menekan hak satu pihak saja. Melainkan sebuah konsesualisme yang pastinya menyetarakan tujuan, hak dan lantas kewajiban.

Karenanya pelaksanaan pinjol Syariah OJK, wajib mengacu pada peraturan resmi Otoritas Jasa Keuangan. Secara spesifik akan berpedoman pada aturan OJK No.77.POJK.01.2016. Isinya berkaitan dengan proses pinjam meminjam berbasis teknologi informasi. Jika bukan secara Syariah, pengguna jasa fintech terkena bunga layanan yang beragam. Bisa mencapai 3% bahkan lebih, dengan masa pelunasan maksimal satu tahun

Another Pinjaman Online Choice

Darimana Sajakah Sumber Dana Pinjaman Online Syariah Resmi OJK  

Bagi anda yang sudah jelas enggan berurusan dengan bunga berbunga pinjaman. Sudah pasti akan sangat tertarik dengan konsep yang pinjol Syariah miliki. Kreditur menerapkan sistem bagi hasil kepada pihak penerima dana sesuai dengan pinjaman online Syariah resmi OJK. Jika pembaca mengira dana hanya bersumber dari perbankan saja, maka anggapan tersebut kurang begitu tepat. Pasalnya lembaga keuangan non bank, juga memiliki kapasitas untuk bisa melandingkan uangnya dari masyarakat.

Tersedia dua pilihan pengembalian dana, yaitu bisa membayarkan pinjaman dalam satu waktu. Dapat juga memilih opsi pembayaran berjangka, yaitu dengan mengangsur. Pokok pinjaman qardhul hasan dalam pinjol Syariah, artinya nasabah harus mengembalikan dana sesuai tenggat waktu yang telah tersepakati. Umumnya karena besaran uang instan terbilang tak begitu besar. Maka jangka waktu angsuran pelunasan pun paling lama adalah 12 bulan.

Manfaatnya sangat besar dirasakan untuk mereka, yang membutuhkan sokongan dana cepat tanpa perlu ribet. Proses ini bisa menjadi solusi bagi pemilik UMKM. Selain itu pinjaman online memang dapat siapa saja andalkan menjadi link sumber dana darurat. Bagi semua pembaca yang tertarik menggunakan jasa pinjol Syariah, sangat wajib berhati-hati memilih kreditur. Mudahnya coba akses link Otoritas Jasa Keuangan OJK, kemudian membaca sekiranya mana saja perusahaan dengan konsep pinjaman Syariah. Jangan sampai alih-alih ingin terhindar dari resiko kerugian, karena kurang aware justru terjebak pinjol palsu.

Apakah Bisa Meminjam di Pinjol Syariah Tanpa Jaminan

Another Pinjaman Online Option

Pinjaman online syariah tanpa jaminan ataupun konvensional, keduanya sama-sama tak meminta adanya jaminan. Dengan catatan nominal dana yang calon debitur atau mitra ajukan, masih masuk kategori kecil. Prioritas pihak kreditur dengan basis Syariah, lebih mengutamakan kepada mereka yang berminat untuk mencari tambahan dana usaha, biaya pendidikan atau investasi. Bahkan dapat pula mengajukan pembiayaan untuk berangkat Umroh atau naik Haji. Intinya semua kebutuhan mendesak tersebut sifatnya adalah halal.

Calon mitra cukup mempersiapkan E-KTP, termasuk buku tabungan. Sebab dana akan ditransfer langsung kerekening pihak yang bersangkutan. Jika tadi penulis menyebutkan pengajuan hutang dengan kategori kecil, maksudnya adalah plafon dana tidak melebihi nominal Rp 100 juta. Walaupun angka tersebut sudah tergolong besar, jika merujuk pengajuan tak meminta adanya jaminan. Jangan lantas tergiur dengan semua penawaran. Tetap utamakan apa yang menjadi fokus utama kebutuhan anda atas dana instan tersebut. Sebaiknya juga selalu melakukan perbandingan layanan, dari pinjol Syariah OJK satu dengan yang lain.

Apa Keunggulan Dana Instan Pinjol Syariah

Pastinya sesuai dengan Syariat Islam, yang berarti halal. Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia memiliki jumlah masyarakat yang mayoritas memeluk agama Islam. Sebagian besar masyarakat jelas banyak yang enggan, apabila harus meminjam uang dari lembaga keuangan konvensional. Lantaran ada sistem pembayaran bunga, layaknya kreditur dan debitur pada umumnya. Lain halnya dengan pinjol Syariah OJK yang memang memposisikan debitur sebagai mitra. Bahkan saat ini semua bank konvensional pun berlomba-lomba, menyediakan program keuangan berbasiskan Syariat Islam. Semua sudah pasti untuk memberi kenyamanan bagi para nasabahnya.

Tips Memilih Pinjol Syariah Terbaik dari Platform

Another Pinjaman Online Alternative

Memilih pinjol Syariah dari sekian banyaknya pilihan, sudah pasti bukan perkara mudah. Oleh karenanya sangat penting bagi anda mengetahui, perbedaan antara pinjol Syariah OJK dengan rentenir berkamuflase fintech. Sebuah mimpi buruk jika tak sengaja terjebak, permainan dari rentenir online. Lebih mudahnya memang memeriksa legalitas perusahaan jasa peminjaman uang. Melalui website OJK yang mencantumkan nama-nama perusahaan legal fintech. Selain itu nama-nama perusahaan tersebut, oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan memang diunggah dalam bentuk file PDF. Sehingga mudah saja untuk semua orang mengunduhnya kembali.

Perlu anda ingat denda hanya berlaku apabila pinjaman jatuh tempo, ternyata terlambat terbayarkan. Bahkan ada sejumlah pinjol Syariah OJK yang jelas-jelas tidak menerapkan sistem denda. Segera saja hindari pinjaman online dengan tenor singkat, namun memberlakukan bunga harian. Bunga hanya berlaku pada bentuk kredit konvensional, sementara Syariah tidak menerima adanya riba.

Katakan selamat tinggal apabila terdapat perusahaan financial technology, yang menarik sejumlah dana. Tak peduli dana yang mereka minta besar ataupun kecil, cara tersebut sudah jelas salah. Karena pinjol yang legal, sama sekali tidak akan meminta transfer sejumlah dana. Melainkan membuat aturan perusahaan, yang akan para pengaju aplikasi sepakati pula. Jika terdapat sejumlah potongan dari dana pinjaman yang cair. Anda bisa mengadukan pihak terkait, ke dalam situs OJK untuk opsi pengaduan customer.

Persyaratan wajib sebagai pinjol Syariah yang benar adalah:

  • Sudah pasti tercatat ke dalam list perusahaan Financial Technology yang legal.
  • Pembayaran menganut sistem bagi hasil dan bukan bunga. Nominal persentase pengembalian profit juga sangat terjangkau.
  • Alamat kantor, website, hingga kontak telepon sangat jelas tercantum.
  • Reputasi perusahaan pinjol syariah tersebut bagus, alias memperoleh respons positif dari masyarakat umum.
  • Semua program pinjaman yang perusahaan tawarkan bersifat transparan.

Bagaimana Mengetahui Modus Penipuan Berkedok Pinjol Syariah

Pengajuan pinjaman online melalui FinTech, belakangan ini semakin mudah dan cepat. Rupanya kemudahan yang tersedia, oleh sebagian oknum nakal dijadikan ajang penipuan berkedok pinjol Syariah. Berbagai trik cerdas selalu para oknum tersebut lancarkan, mulai dari melakukan panggilan telepon random. Kemudian mengirim pesan singkat baik lewat sms ataupun wa. Bahkan sekarang ini yang sedang marak adalah melalui media sosial.

Facebook juga Instagram menjadi media sosial sasaran utama, pelaku kejahatan pinjaman online. Alasannya karena jumlah pengguna media sosial, FB dan Instagram di Indonesia terbilang besar. Sejauh ini pihak OJK sendiri kerap memberikan himbauan kepada masyarakat. Untuk tidak menerima tawaran pinjaman, diluar aplikasi atau website resmi perusahaan FinTech. Meski demikian, masih saja banyak berjatuhan korbannya.

Berikut ini merupakan cara mudah untuk mengetahui modus penipuan pinjol Syariah:

  • Produk pinjaman online berkonsep kurang jelas, anda akan kesulitan melihat sumber pendanaan. Kemudian skema pembayaran termasuk cara pengajuan pinjaman, juga tidak transparan. Pada intinya oknum tersebut hanya membuat program, yang bisa mereka jadikan bahan menarik minat khalayak luas.
  • Persyaratan pinjol Syariah abal-abal tidak masuk akal, perlu calon aplikan ketahui. Sekalipun mengajukan pinjaman online terbilang mudah. Baik itu pinjol Syariah ataupun konvensional. Keduanya sama-sama menerapkan sejumlah persyaratan yang harus calon pemohon penuhi, lewat apps atau website perusahaan terkait. Persyaratan standarnya adalah KTP, foto diri dengan KTP, kemudian buku tabungan. Selanjutnya anda harus juga harus mengisi sejumlah pertanyaan, dengan jawaban yang valid dan benar.
  • Membutuhkan Informasi Pribadi Calon Aplikan, pinjol Syariah OJK memang akan meminta data pemohon. Hanya saja informasi yang diminta adalah data umum. Seperti nama peminta pinjaman, nomor telepon, kemudian akun bank untuk pengiriman dana, email, dan sebagainya. Maka dari itu jangan tertipu, hanya dengan iming-iming mudah ter acc. Lantas mau saja memberikan data pribadi, seperti nomor OTP, pin ATM, ataupun password penting lainnya.
  • Transaksi Mengarah Pada Rekening Perorangan, pinjol Syariah OJK sudah pasti sebuah badan usaha keuangan. Jadi harusnya pembaca segera curiga jika penawaran pinjaman, yang mengarahkan transaksinya hanya pada satu orang saja.
  • Website yang dipergunakan memiliki domain gratisan, oknum penipu pinjaman online sudah pasti tidak mau mengeluarkan modal terlalu besar. Jadilah website terkesan tidak profesional, sekaligus ala kadarnya saja. Padahal untuk sebuah perusahaan penyedia jasa keuangan, bukan masalah jika mengembangkan situs yang profesional.
  • Melewatkan Proses Pengecekan Pinjaman, jangan langsung keburu gembira. Apabila bertemu oknum pinjol, yang tidak memberlakukan pemeriksaan riwayat kredit anda. Pinjaman online Syariah legal, sudah pasti sangat memastikan kepada siapa dana akan mereka berikan. Karena tujuannya adalah menghindari kasus kredit macet. Lain halnya dengan pinjol Syariah abal-abal, oknum mengabaikan tahapan tersebut. Lantaran nantinya andalah yang mengeluarkan uang, untuk kemudian para penipu bawa lari.

Pilihan Tempat Resmi Pinjol Syariah OJK

Membahas seluk beluk pinjol Syariah OJK, sudah pasti kurang afdol jika tidak sekaligus memberikan sejumlah tempat pinjaman yang rekomendasi. Dunia p2p tanah air memang memiliki daya tariknya sendiri. Terlebih Indonesia merupakan pelopor negara Asia Tenggara, yang memang menerapkan investasi bersyariat Islam. Maka dari itu tak heran, apabila sektor yang sanggup perusahaan pinjol danai-pun terpusat pada prinsip Syariah itu sendiri.

Pinjol Syariah memang sangat jarang memberikan pendanaan dalam bentuk uang tunai. Karena umumnya market adalah pemohon yang hendak membeli barang, termasuk dalam kebutuhan mengembangkan usahanya. Masyarakat mulai menaruh rasa antusiasme yang tinggi, pasalnya imbal hasil jauh lebih rendah ketimbang pinjaman konvensional. Disamping memang membantu para peminta pinjaman. Para investor atau pemilik dana yang terkait pun, bisa melakukan investasi sesuai dengan keyakinan mereka. Investor yang enggan bermain dalam sektor pasar modal, lantas dapat beralih pada pasaran p2p Syariah. Berikut adalah beberapa perusahaan keuangan yang rekomendasi sesuai OJK:

1. Investree

investree pinjaman syarahAlamat : AIA Central 21st Floor, Jl Jend.Sudirman Kav 48 A, Karet Semanggi, Jakarta Selatan, 12930.

Perusahaan yang satu ini memang awalnya bukan bergerak secara khusus pada program pinjol Syariah. Hanya saja Investree menjadi salah satau pelopor maraknya sistem investasi semacam p2p. Sehingga perusahaan memang mengawali perjalanan landing money secara konvensional terlebih dahulu. Barulah beberapa tahun kemudian, perusahaan lantas merilis program pinjaman uang berbasis Syariah.

Calon peminjam bisa memperoleh bantuan dana, untuk penambahan modal usaha. Karena Investree memang lebih fokus, membantu aplikan yang mengajukan untuk kebutuhan produktif usaha. Mengingat pinjaman bersifat konsumtif pun sering kali berakhir buruk pada lender.

Investree mampu memberikan suntikan dana hingga 80% dari total kebutuhan calon debitur. Semua aplikasi yang masuk sudah pasti akan melalui proses analisa dari Investree.  Proses analisa ini berdasarkan sistem credit-scoring modern. Biasanya memakan waktu paling lama 14 hari kerja. Jika anda memilih pembiayaan Syariah, maka maksimum jatuh tempo pengembalian dana adalah 6 bulan.

Cara Mengajukan Aplikasi Pinjol Syariah Investree

Agar aplikasi tidak mengalami penolakan dari pihak pinjol Syariah OJK. Maka perhatikan tujuan dari pinjaman itu sendiri. Kategori pinjaman untuk usaha rokok, alkohol, narkotika, judi, prostitusi, hotel non Syariah, kemudian spekulasi bisnis, secara otomatis akan tertolak.

Sebagai mitra debitur, maka anda wajib terlebih dahulu mengisi form pendaftaran yang tersedia pada website Investree. Pastikan jika input semua data pribadi yang valid dan relevan. Jangan lupa memasukkan pula invoice ] serta dokumen penunjang legalitas usaha. Selanjutnya barulah proses seleksi credit scoring segera berjalan. Market Investree akan mengatur dana pinjaman yang lolos persetujuan.

Karena prosesnya bersifat Syariah maka, mitra penerima pinjaman akan menanggung biaya wakalah, marketplace, termasuk biaya notaris untuk pengesahan perjanjian. Semua unsur yang lender atau mitra perlu dapatkan dan lakukan, diinformasikan secara transparan. Lender akan menerima benefit akad Wakalah Bil Ujrah, tepatnya pada akhir waktu pengembalian dana.

Pinjol Syariah juga memberikan penawaran bagi para pengusaha online. Asalkan toko online milik aplikan memang aktif beroperasi setidaknya 3 bulan. Dengan catatan produk jualannya tidak melanggar prinsip Syariat Islam. Sebenarnya estimasi serta lama waktu untuk pembagian hasil, semua berdasarkan rekapitulasi data sesuai paramater yang debitur pilih sendiri.

2. Dana Syariah

Dana Syariah pinjaman onlineAlamat : District 8, Tower Prosperity 12st Floor,Jl. Senopati, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12190.

Dana Syariah merupakan branding P2P dari PT Dana Syariah Indonesia. Hadir sejak awal dengan konsep pinjaman Syariah online. Penawaran mereka adalah membantu menghubungkan, antara pemilik dana dengan peminta pinjaman baik dalam badan usaha ataupun perorangan. Harapannya aplikan bisa menghasilkan benefit yang halal, karena terhindar dari riba dan sejenisnya.

Sebagai pihak yang menjadi wadah perwakilan para lender, sudah sewajarnya jika pinjol Syariah satu ini melakukan penyeleksian secara komprehensif. Mereka tidak sekedar menitik beratkan pada unsur Syariat, namun juga menghitung secara profesional. Termasuk impact dan keuntungan yang bisa semua pihak terima nantinya. Lender selaku pemberi dana untuk pinjol Syariah OJK, akan mendapatkan bagi hasil sesuai tanggal kesepakatan.

Cara Mengajukan Aplikasi Pinjol Dana Syariah

Syarat bagi mitra yang ingin mengajukan pinjaman melalui aplikasi Dana Syariah. Harus terlebih dahulu mendaftar sebagai member. Proses ini gratis dan mudah, anda cukup masuk ke website official perusahaan. Kemudian mengisi semua data dengan informasi yang benar dan jelas. Jangan lupa untuk mencentang term pernyataan, bahwa secara personal akan mematuhi syarat dan ketentuan dari pinjol Dana Syariah.

Nantinya mitra bisa leluasa melihat usaha apa saja yang masuk dalam market place perusahaan. Pembaca akan lebih memahami, sekiranya apa saja fokus bidang pendanaan perusahaan Dana Syariah? Karena sebelum masuk ke dalam tahap penggalangan dana modal. Debitur harus terlebih dahulu membuat proposal sesuai template, yang menyatakan permintaan pencarian pembiayaan. Bagi hasil sendiri terbagi menjadi dua, angsuran termasuk nominal pokok. Dana pokok harus sudah selesai terbayarkan sesuai dengan waktu yang semua pihak sepakati.

Setelahnya tim pinjol Dana Syariah akan melakukan survei lapangan. Apabila memang semua data sesuai dengan fakta lapangan. Maka tahap selanjutnya adalah membuat perjanjian awal. Terakhir penulis periksa pinjol Syariah OJK satu ini, memang fokus terhadap pendanaan modal usaha dalam bidang properti. Penggalangan dana di portal, maksimal membutuhkan waktu satu bulan atau 30 hari.

Diantaranya adalah menambahkan dana untuk membeli lahan sebagai proyek usaha. Kemudian pendanaan untuk membangun rumah, dimana developer dengan lender akan membagi hasil berdasarkan banyak unit yang terjual. Bisa juga jika mitra hendak melakukan renovasi rumah, untuk selanjutnya dijual kembali. Maka pembayaran dana pinjaman selesai setelah rumah terjual.

3. Alami Sharia

Alami Sharia pinjaman online syariahAlamat : Plaza 89 Lt 12 Kav X7, JL. H.R Rasuna Said No.6, Karet Kuningan, Jakarta Selatan, 12920.

Pinjol Syariah OJK yang tergolong bagus reputasinya adalah Alami Sharia. Mereka memberikan pinjaman dengan membiayai faktur. Jadi calon mitra atau debitur dapat mengajukan faktur untuk meminta bantuan pembiayaan. Sebenarnya basic kerjanya tidak jauh berbeda dengan perusahaan p2p pada umumnya. Hanya saja yang menjadikan Alami Sharia lebih istimewa. Lantaran perusahaan pinjol Syariah satu ini, membuka peluang bantuan modal untuk para pemilik UKM.

Syaratnya pihak calon penerima dana pinjaman, harus memiliki usaha yang berjalan minimal satu tahun. Badan usaha tersebut juga bisa berbentuk Perseroan Terbatas, CV, termasuk Yayasan. Karena semua prosedur pendaftaran berjalan secara daring, jadinya proses sangat fleksibel. Keberadaan laporan keuangan, dalam bentuk lampiran rekening koran 6 bulan terakhir. Bisa membantu apakah pengajuan akan ter acc atau sebaliknya.

Ketika melakukan proses pendaftaran, calon mitra harus melengkapi data perusahaan. Persiapkan sejumlah dokumen yang memang dibutuhkan saat registrasi. Minimal pengajuan dana pinjaman adalah 5 juta, dengan maksimal pengajuan sebanyak 2 miliar. Pinjol Syariah Alami tidak memberlakukan denda, apabila ada debitur yang terlambat membayar. Hanya saja besar kemungkinan akan mempengaruhi catatan pinjaman anda kemudian hari.

Alami Fintek Sharia sendiri merupakan pinjol Syariah OJK, dengan sistem manajemen berbasis teknologi informasi. Selain dapat anda akses melalui website, tersedia pula aplikasinya pada playstore dan i-store. Mereka juga menjadikan Fatwa 117 MUI sebagai landasan tambahan menghasilkan penawaran.

Cara Mengajukan Aplikasi Pinjol Alami Shariah

Calon debitur yang mengajukan permintaan piutang. Permohonannya akan melewati proses credit scoring, yang berfungsi menilai UKM pihak pemohon. Dasar yang dijadikan bahan penilaian merujuk pada 2 dasar analisa. Analisa kuantitaif, maka penilaian mengambil data dari situasi keuangan UKM.

Sementara untuk penilaian analisa kualitatif, mengacu pada reputasi perusahaan milik sang pemohon. Permohonan yang lolos credit scoring, bisa menerima dana maksimal 14 hari kerja. Pinjol dana Syariah Alami menjalankan p2p sesuai dengan fatwa dari Majelis Ulama Indonesia. Termasuk pengenaan ujrah yang mengikuti fatwa no 112.

Pihak pinjol Syariah sendiri menjaga keamanan data pribadi para nasabahnya sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Informasi yang release ke publik hanyalah data umum yang bahkan tidak memerlukan penyelidikan apapun. Selain itu ketika permohonan masuk ke dalam market place, yang tampil hanyalah inisial pemohon serta laporan credit scoring.

Berkonsep invoice financing, membuat para pemilik usaha UKM memiliki lebih banyak waktu untuk mengelola dana dalam perusahaannya. Masa pinjaman tenor Alami Shariah adalah 3 bulan, dengan hasil imbal rata-rata. Calon penerima dana perlu mempersiapkan faktur yang memang urgent untuk dibayar. Faktur tersebut nantinya oleh pihak pinjol Syariah, akan dipergunakan untuk mencari pihak yang mau meminjamkan dananya. Setiap pembayaran yang oleh debitur setorkan pada Alami, akan segera dikembalikan kepada pemberi pinjaman include dengan ujrahnya.

4. Duha Syariah

Duha Syariah pinjaman bebas ribaAlamat : Gdg Office 8 Lt 31 SCBD Lot 28, Jl. Jendral Sudirman No.Kav 52-53, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12190.

Duha Syariah merupakan pinjol Syariah OJK yang proses pengajuannya menggunakan apps dari playstore. Calon aplikan tidak bisa mengajukan pinjaman tanpa riba, selain menggunakan apps tersebut. Pembaca yang berminat bisa mulai menentukan bentuk pinjaman. Karena Duha memiliki dua pilihan pinjaman, yaitu konsumtif dan perjalanan religi. Walaupun produk berasal dari perusahaan yang sama. Nyatanya semya persyaratan untuk kredit sudah jelas berbeda.

Kabar baiknya bagi anda yang berprofesi sebagai pegawai, dari perusahaan-perusahaan rekanan pinjol Syariah satu ini. Bisa mengajukan pinjaman dengan cara pembayaran potong gaji bulanan. Informasi lebih lengkap seputar perusahaan rekanan Duha Syariah, bisa anda dapatkan lewat email cs ataupun line telepon office.

Cara Mengajukan Aplikasi Pinjol Duha Syariah

Setelah mendownload aplikasi Duha Syariah pada playstore. Maka calon aplikan harus login terlebih dahulu menggunakan nomor handphone. Admin akan melanjutkan dengan proses verifikasi data. Sangat dianjurkan jika login menggunakan nomor yang ada pada ponsel saat itu. Lanjutkan langkah dengan mengisi informasi sesuai pertanyaan. Lampirkan pula mutasi rekening satu bulan terakhir. Sayangnya bagi anda yang masih single alias belum menikah, rasanya belum memenuhi syarat.

Pasalnya tertulis jika aplikan haruslah berusia setidaknya 21 tahun dan sudah menikah. Selanjutnya saat mengajukan permohonan, memang bertempat tinggal di Jabodetabek, Bandung, Lampung, Palembang, dan NTB. Minimal pemohon memiliki gaji bersih sebesar 3 juta rupiah setiap bulannya. Seperti halnya pinjol Syariah lainnya, Duha juga memiliki batasan pembiayaan pada kategori halal. Selain itu pinjaman memang tidak akan debitur terima dalam bentuk uang. Melainkan produk, jasa, Umroh dan perjalanan wisata religius.

Setiap kali mengajukan pinjaman sesuai syarikat Islam, anda harus terbiasa pula dengan sejumlah istilah yang dipergunakan. Misalkan kerja sama antara pemberi kuasa atau dana, melalui platform seperti Duha Syariah. Dinamakan dengan proses akad Wakalah Bil Ujroh. Sementara pemberian dana kepada pihak penerima piutang dalam bentuk plafond. Dapat anda sebut dengan istilah waad.

Sementara proses jual beli produk, dengan besaran margin yang kedua belah pihak telah sepakati disebut dengan Murabahah. Jika anda mendapatkan istilah Ijara, itu artinya adalah hak pemindahan manfaat dari suatu jasa dengan membayarakan jasa pemakaiannya. Pilih barang atau jasa yang anda ingin beli, dengan cara mengunjungi market place milik Duha.

Lanjutkan dengan proses checkout produk atau jasa yang pemohon sudah pilih. Rubah opsi pembayaran dengan cicilan menggunakan pinjaman online Duha Syariah. Jangan lupa untuk secara seksama menentukan tenor ( 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, 12 bulan) waktu pembayaran. Batasan nominal untuk pinjaman konsumtif adalah sebesar 20 juta. Lain halnya jika anda mengajukan pembiayaan untuk perjalanan Umroh atau wisata halal. Nominal maksimal pembiayaan mencapai 30 juta. Dengan tenor waktu cicilan, 12 bulan, 18 bulan, dan 24 bulan.

5. Ammana

Ammana pinjol syariahAlamat : Saharjo Square, Jl. Dr, Saharjo No 49 A, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, 12850.

PT Ammana Fintek Syariah memiliki branding p2p bernama Ammana. Menjadi pinjol Syariah OJK pertama yang menempati list resmi pihak Otoritas Jasa Keuangan. Konsep kerjanya cukup menarik karena menjadi mediator, yang menghubungkan antara pemilik dana dengan peminta bantuan. Pinjaman memang berfokus kepada para pengusaha UMKM, yang memiliki rencana mengembangkan usahanya.

Calon aplikan yang merupakan pengusaha UMKM, harus terlebih dahulu menjadi anggota dari salah satu mitra keuangan mikro dalam list anggota kemitraan Ammana. Tujuannya sudah pasti agar penyaluran dana dengan skema crowdfunding, menjadi lebih tepat sasaran. Kemitraan itu pulalah yang melakukan penyeleksian kandidat penerima pinjaman online Syariah.

Cara Mengajukan Aplikasi Pinjol Ammana

Mengajukan pinjaman melalui aplikasi pinjol Ammana, sejatinya tidaklah sulit ataupun rumit. Anda harus menelaah secara mandiri, apakah permohonan pinjam modal tersebut produktif. Termasuk mampu memberikan bagi hasil yang positif, kepada semua pihak terkait. Pihak yang penulis maksudkan adalah pendana, penerima dana, hingga mitra keuangan mikro dari Ammana.  Seperti BMT (Balai Usaha Mandiri Terpadu) dan KSPPS (Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah).

Ammana merupakan pinjol Syariah OJK yang memang memiliki misi, membangun perekonomian halal Indonesia. Kebanyakan UMKM yang mengajukan permintaan bantuan modal, datang dari sektor konveksi, garmen, kulineri, perternakan, bahkan hingga perfilman. Bagi anda yang mengajukan pinjaman, bisa memilih opsi antara pinjaman langsung dan tidak langsung. Dana yang tersalurkanpun tidak serta merta mengalir begitu saja.

Rupanya pihak pinjol Syariah satu ini lantas melakukan pendampingan pada para pengusaha. Semuanya itu demi kelancaran pembayaran angsuran dana pinjaman. Meskipun proses untuk pencairan dana dari Ammana memang sedikit lebih lama. Apabila anda tidak mau menjadi anggota, maka jatuhny pinjaman masuk dalam opsi tidak langsung. Artinya debitur harus menunggu antrian pembinaan dibawah bimbingan BMT atau KSPPS.

Jaminan Database Pinjol Syariah Aman di OJK

Banyak pembaca yang menanyakan apakah akses data pemohon adalah legal. Apakah aman jika pinjol Syariah mengambil sejumlah informasi data kependudukan pengguna. Disdukcapil sendiri memang secara resmi, memberikan akses kepada sejumlah pinjaman online yang tercatat dalam OJK. Catatan hanya untuk menyesuaikan data aplikan, dengan informasi yang tersimpan dalam Dinas Kependudukan. Sebenarnya akses tesebut juga berlaku pada sejumlah bank nasional.

Database  sudah pasti aman dan jauh dari kebocoran terhadap oknum tak bertanggung jawab. Pinjol yang memanfaatkan layanan akses data kependudukan, memotong jangka waktu verifikasi. Hasilnya pengajuan anda akan lebih cepat dan mudah tersetujui. Perusahan FinTech menyebutnya dengan proses KYC alias know your customer. Selain itu pihak pinjaman online menjadi lebih mudah mengantisipasi, kemungkinan gagal bayar dan sejenisnya. Ammana merupakan salah satu fintek Syariah yang menggunakan akses ini.

Adakah Proses BI Checking untuk Pinjaman Syariah

Selanjutnya yang kerap menjadi tanda tanya para pengguna jasa pinjaman Syariah. Apakah pinjol Syariah juga memberlakukan proses BI Checking? Sejak tahun 2017 sudah banyak perusahaan fintech yang melewatkan pemeriksaan BI. Alasannya sederhana karena pihak pemberi pinjaman, ingin lebih mempermudah nasabahnya.

Sudah bukan rahasia jika seseorang dengan catatan kredit kurang baik, termasuk yang belum pernah mengajukan kredit. Memiliki kemungkinan pengajuan pinjamannya akan tertolak. Fintech dengan konsep Syariah ataupun konvensional, lantas membuat kebijakan perusahaan dengan mengambil scoring credit berdasarkan data lain. Karena kecil kesempatan bagi para aplikan untuk mendapat acc pinjaman, apabila pihak perusahaan hanya mengandalkan BI checking.

Apakah itu Checking BI untuk Pinjol Syariah

Cheking BI pinjol Syariah sendiri merupakan laporan informasi debitur yang merujuk, pada data dari pelapor sistem informasi debitur atau SID. Pelapor SID sendiri adalah lembaga keuangan, berupa bank dan non bank, penerbit kartu kredit, termasuk usaha koperasi simpan pinjam. Pihak-pihak tersebutlah yang bisa melakukan pengkoreksian data debitur.

Apakah proses pemeriksaan kredit BI melanggar hukum?

Jawabanya sudah pasti tidak. Pasalnya aktivitas tersebut mengacu pada undang-undang tentang bank, tepatnya pasal 32/UU No.10/92. Dijelaskan bila antar bank dan perusahaan financial, bisa saling bertukar informasi debitur. Data yang nantinya pihak SID laporkan adalah kredit berstatus lunas, sedang berjalan, hingga kredit macet. Umumnya pengajuan kredit hanya akan memeriksa laporan dalam waktu 2 tahun terakhir.

Adakah Cara Membersihkan Riwayat Pinjol Syariah dari Checking BI

Membersihkan riwayat pinjol Syariah bukan istilah yang tepat. Tetapi dalam jangka waktu tertentu catatan piutang anda bisa terhapuskan. Selain itu apabila terjadi peristiwa ketidaksesuaian data kredit. Pihak debitur bisa menghubungi tempat sebelumnya meminjam dana. Barulah lembaga tersebut melakuka klarifikasi atau perbaikan data SID kepada BI.

Apakah Bisa Mengelabui Data Pinjol Syariah?

Mungkin mengelabui data pribadi pinjol Syariah, dapat anda lakukan pada 5 tahun yang lalu. Semenjak id car berbasiskan elektronik, tidakan demikian sudah semakin mustahil untuk calon nasabah lakukan. Perlu anda ketahui jika sejak tahun 2018, proses checking BI telah berganti menjafi SLIK. SLIK memiliki fungsu menyediakan informasi debitur. Hanya saja layanan ini berada dalam pengelolaan OJK. Ruang lingkup SLIK sendiri lebih luas, karena memberikan akses juga pada fintech, bank atau non bank, dan masih banyak lagi,

Harapan diberlakukannya cara pemeriksaan data debitur masyarakat, adalah pengajuan piutang dapat berjalan lebih mudah lagi. Hal ini juga menjadi solusi untuk memperkecil resiko kredit macet atau non perfoming loan. Anda bisa mendapatkan layanan SLIK secara online ataupun offline. Cukup kunjungi kantor Otoritas Jasa Keuangan ataupun masuk ke situs ojk.go.id.

Apakah yang Terjadi Jika Gagal Bayar Pinjol Syariah

Mudahnya memperoleh pinjaman online, sewajarnya bila nasabah membalas dengan melakukan pengembalian dana beserta imbal baliknya tepat waktu. Kebanyakan kasus kredit macet terjadi, saat konsumen mengajukan pinjaman dalam bentuk konsumptif. Pinjaman konsumptif adalah hutang yang dipergunakan, memenuhi kebutuhan selain modal usaha. Seperti bayar tagihan, kebutuhan belanja, biaya pendidikan, termasuk pinjaman dana kesehatan.

Pinjol Syariah yang bisa anda akses melalui smartphone, bak buah simalakama. Dapat menjadi penolong, namun apabila pengguna kurang bijaksana maka menghasilkan terlilit piutang. Resiko yang bisa saja terjadi dari kreditan macet. Mulai dari aktivitas debitur yang terganggu. Karena sudah pasti perusahaan fintech akan menghubungi debitur macet setiap hari. Desk collection fintech akan memberikan informasi via telepon, jika masih ada pinjaman yang menunggak atau lewat jatuh tempo.

Walaupun pinjol Syariah OJK memberlakukan imbal balik, dan beberapa diantaranya tidak menerapkan denda. Tetap saja catatan tersebut bisa menghalangi reputasi finansial yang bersangkutan. Perusahaan penyedia jasa keuangan, juga sudah pasti memberi laporan pada pihak OJK. Jika demikian sudah pasti akan sulit bagi anda mengajukan pinjaman. Karena sudah pasti akan tertolak by system.

Berikut Solusi Keluar dari Kredit Macet Pinjol Syariah OJK

Pada penghujung artikel, pembaca bisa mempelajari cara yang tepat untuk mengatasi kredit macet pinjol Syariah OJK. Otoritas Jasa Keuangan sendiri bukanlah badan yang memberatkan para debitur. Malah sebaliknya mereka sangat aktif memberikan perlindungan masyarakat, yang terjerak kasus hutang piutang online. Daripada anda melarikan diri dan merasa hidup semakin tidak nyaman. Ada solusi mudah yang dapat diterapkan.

  • Hutang harus tetap debitur lunasi, karena sebelum menerima dana sudah pasti melakukan akad dengan pihak pinjol Syariah. Dengan begitu pinjaman anda masuk ke dalam ranah hukum perdata. Ingat bukan pidana ya! Karena perdata, maka debitur bisa mengajukan untuk restrukturisasi. Apakah restrukturisasi? Pemilik tanggungan hutang, dapat mengajukan permohonan tidak mampu membayar sesuai tenggat waktu perjanjian. Kemudian buatlah kembali kesepakatan waktu pembayaran, antara pinjol dengan anda.
  • Minta penghapusan imbal dana, hal ini bisa debitur upayakan. Dalam artian dana yang anda kembalikan pada pinjol Syariah OJK. Hanya nominal hutang utama saja, tidak beserta dengan keuntungannya. Bila dikomunikasikan dengan benar dan jelas, bukan tak mungkin jika debitur melunasi sesuai batas kemampuan.
  • Minta perlindungan hukum ke pihak berwajib, cara ini adalah langkah antisipasi. Apabila ternyata ada petugas tagih yang datang ke rumah anda, kemudian melakukan tindakan tak menyenangkan. Seperti teror, pengancaman, termasuk pencermaran nama baik. Tindakan tersebut telah masuk ranah pidana, jadi cukup alasan untuk dilaporkan.

Demikian informasi seputar pinjaman online Syariah resmi OJK. Semoga berguna dan bermanfaat bagi pembaca.

Nilai Produk

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.